Efektivitas Pelayanan Melalui Sistem Informasi Manajemen Nikah Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan
Keywords:
Efektivitas, Kualitas Layanan, SIMKAHAbstract
Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah) adalah sebuah aplikasi komputer. Simkah memungkinkan data statistik pernikahan dari seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) di Republik Indonesia dikumpulkan secara online. Berdasarkan pengamatan di lapangan, ada banyak kesulitan termasuk masalah rutin dengan sistem internet saat ini dan terbatasnya ketersediaan komputer untuk pengisian data pernikahan secara online. Selain ketiadaan tenaga ahli pengoperasian komputer, ada beberapa masalah lain yang perlu mendapat perhatian, seperti kurangnya sosialisasi dan penyuluhan dari pemerintah kepada masyarakat tentang kebijakan SIMKAH online. Penelitian ini bermaksud untuk mengevaluasi, dengan menggunakan SIMKAH, kualitas layanan pernikahan yang disediakan oleh Kantor Urusan Agama di Kecamatan Tidore Utara, Kota Tidore Kepulauan. Dalam penelitian ini, tantangan yang dialami selama upacara pernikahan yang diselenggarakan di bawah SIMKAH di Kantor Urusan Agama Kecamatan Tidore Utara, Kota Tidore Kepulauan, menggunakan pendekatan deskriptif dalam penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan SIMKAH di Kantor Urusan Agama Kecamatan Tidore Utara memberikan manfaat yang cukup besar dalam menangani masalah perkawinan di Kecamatan Tidore Utara. Selain itu, SIMKAH menjamin kualitas dan keandalan data, sehingga memungkinkan akses di masa depan ke informasi pengantin jika Akta Nikah hilang. Namun, banyak tantangan yang menghalangi kemajuan proyek ini: kegagalan server yang sering terjadi, koneksi internet yang tidak stabil, dan kurangnya sumber daya manusia di Kantor KUA Kecamatan Tidore. Beberapa pegawai hanya lulusan SMA atau sederajat.