Efektivitas Pelayanan Publik dalam Penyelenggaraan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tidore Kepulauan
Keywords:
Efektivitas, Pelayanan, PublikAbstract
Efektivitas pelayanan publik merupakan layanan yang disediakan oleh suatu instansi atau pemerintah guna memenuhi kebutuhan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis efektivitas pelayanan publik dalam penyelenggaraan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tidore Kepulauan. Dan untuk mengidentifikasi dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pelayanan publik dalam penyelenggaraan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tidore Kepulauan. Metode penelitian ini memakai metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang mana peneliti secara langsung melakukan pengamatan serta memberikan gambaran dan menganalisis efektivitas pelayanan publik dalam penyelenggaraan e-KTP sesuai dilapangan. Informan penelitian yaitu staf pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tidore Kepulauan serta Masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil yakni efektivitas pelayanan publik dalam penyelenggaraan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tidore Kepulauan sudah berjalan cukup efektif. Sedangkan, faktor kendala yang menjadi masalah ialah profesionalisme dan kedisplinan pegawai terhadap waktu agar tidak terjadi keterlambatan pelayanan. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka disarankan agar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tidore Kepulauan perlu meningkatkan upaya dalam mengatasi masalah yang sering terjadi dalam proses pelayanan yaitu meningkatkan disiplin pegawai, perbaikan koneksi jaringan yang buruk dan jaminan ketersediaan blangko disamping meningkatkan infastruktur seperti fasilitas alat perekam dan peralatan lainya.