Pemanfaatan Instagram Dalam Strategi Komunikasi Pemasaran : Studi Kasus Usaha Buket Bunga @Pitanola.id di Tidore Kepulauan

Penulis

  • Nursakina Husen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Nuku
  • Abdulkadir Ali Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Nuku
  • Hasmayuni Hasan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Nuku

Kata Kunci:

Komunikasi Pemasaran, Instagram, Marketing Mix

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan instagram sebagai media Komunikasi Pemsaran yang digunakan salah satu pelaku usaha rumahan buket bunga @pitanola.id di  Kota Tidore Kepulauan, serta apa saja yang menjadi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses komunikasi pemsaran.  Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan instagram sebagai media pemasaran oleh @pitanola.id dilakukan sebagai salah satu strategi pemasaran untuk mencapai omzet yang efektif. Pitanola mampu membangun kepercayaan,loyalitas,serta memperluas jangkauan pasar secara organik. Faktor penghambat  yang ditemukan antara lain keterbatasan tenaga kerja,minimnya distribusi digital,serta promosi yang belum optimal Akan tetapi keberhasilan usaha bisa dicapai  karena adanya faktor pendukung yaitu kekuatan relasi interpersonal dan kepuasan pelanggan yang tinggi. Hal ini menunjukan bahwa pemasaran berbasis instagram jika dijalankan secara kreatif dan berkelanjutan,dapat menjadi solusi efisien dan berdampak bagi pelaku usaha kecil di era digital.

Diterbitkan

2025-09-29

Cara Mengutip

Husen , N., Ali, A., & Hasan, H. (2025). Pemanfaatan Instagram Dalam Strategi Komunikasi Pemasaran : Studi Kasus Usaha Buket Bunga @Pitanola.id di Tidore Kepulauan. Garolaha Social Humaniora Journal, 2(2), 59–65. Diambil dari https://ejournal.sangadjimediapublishing.id/index.php/gshj/article/view/236

Terbitan

Bagian

Articles