Motivasi Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Media Cue Card

Authors

  • Nursakina Husen Universitas Nuku

Keywords:

motivasi belajar, bahasa inggris, media belajar, Cue Card

Abstract

Era globalisasi mewajibkan siswa untuk memiliki kemampuan berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris secara efektif. Namun, dua keterampilan ini sering dianggap sulit karena beberapa faktor. Pertama, terdapat keterbatasan dalam kosakata. Kedua, kurangnya rasa percaya diri, dan ketiga, keterbatasan media pembelajaran yang tersedia. Untuk mengatasi tantangan ini, dibutuhkan solusi yang efektif dan efisien guna memotivasi siswa dalam belajar dan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Salah satu solusi yang dapat diimplementasikan adalah penggunaan media pengajaran yang menarik, seperti Cue Card atau kartu Clue. Kartu ini berisi ide-ide yang dapat dikembangkan berdasarkan topik pembelajaran, membantu siswa mengatasi keterbatasan kosakata dan merangsang kreativitas mereka. Dengan memanfaatkan media ini, permasalahan siswa dalam berbicara dan menulis dapat diminimalisir. Siswa dapat menggunakan petunjuk dalam kartu untuk memudahkan penulisan paragraf dan menyajikan ide mereka di depan kelas. Sasaran dari kegiatan pengabdian ini adalah siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Tidore Kepulauan, yang berjumlah 16 siswa. Manfaat dari kegiatan ini meliputi pemberian pengetahuan tentang media dan metode pembelajaran menulis dan berbicara bahasa Inggris, memberikan tips dan strategi untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar dan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dornyei, Z. (2005). The psychology of the language learner: Individual differences in second language acquisition. New Jersey: Mahwah.

Gardner, R. C. (1974). Motivational variables in second language learning. University of Western Ontario, Department of Psychology.

Julanos, J., Nugraha, N. B., & Suarlin, J. (2020). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris Bagi Siswa SMP. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 2(2), 22–27.

Juliana, J. (2021). Motivasi Pembelajaran Dan Percakapan Bahasa Inggris Melalui Media Film Dengan Metode Dubbing Dan Subtitling.

Kristanti, L. (2019). Media Cue Card Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sebagai Pramuwisata Dalam Mendeskripsikan Tempat Wisata Di Kalimantan Barat Untuk Kelas X UPW Smk Negeri 1 Pontianak. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 2(2), 54–66.

Lakawa, A. (2007). Revisiting Motivation in ESP Mass Education (An Action Research Study at Trisakti University in Jakarta, Indonesia).

Novianty, M., & Hariani, M. (2019). Pelatihan Menggunakan Media Power Point dan Membuat Video Presentasinya dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.

Nurhana, P. (2022). Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIS Nurul Huda Pungguk Ketupak. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(3), 377–382.

Rifai, D. M., & Yunianti, S. S. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris pada Karang Taruna New Brigade Tarumanegara Banyuanyar Surakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kita, 1(2), 43–48.

Sangadji, Suwandi S., Febriyani E. Supriatin, Iin Marliana, Afkar, Andi Paerah, and Firdaus Y. Dharta. 2022. “ METODOLOGI PENELITIAN.” OSF Preprints. July 5.osf.io/ywemh

Shabrina, A. I. N. (2014). Improving the speaking skills of the eighth grade students of smp n 2 kalasan yogyakarta by cue cards in the academic year of 2013/2014. Undergraduate’s Thesis). Yogyakarta University, Palembang, Indonesia.

Sidharta, A. (2005). Media pembelajaran. Bandung: Departemen Pendidikan.

Utami, N. C. M. (2021). Teaching English to Students of Elementary School. Bumi Aksara.

Zanada, F., & Anggraini, A. (2021). Sosialisasi Pengenalan Bahasa Inggris di PAUD.

Zananda, F., & J Rompas, H. (2018). Manfaat Belajar Komunikasi dalam Bahasa Inggris.

Zananda, F., & Nopriyanzah, N. (2019). Belajar Komunikasi dalam Bahasa Inggris.

Published

2024-01-08

Issue

Section

Articles