Analisis Perbandingan Tingkat Penjualan Pada Laporan Keuangan PT. Unilever Indonesia Tbk. dan PT. Kino Indonesia Tbk. Tahun 2016-2019
DOI:
https://doi.org/10.62394/scientia.v1i2.22Keywords:
metode kuadrat terkecil, tingkat penjualan, rasio profitabilitasAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis perbandingan tingkat penjualan pada laporan keuangan PT.Unilever Indonesia Tbk. dan PT. Kino Indonesia Tbk. tahun 2016-2019. Metode Penelitian yang digunakan pada PT. Unilever Indonesia Tbk. dan PT. Kino Indonesia Tbk. adalah metode kuadrat terkecil (least square method) serta menghitung rasio profitabilitas terhadap hasil pengembalian aset (return on assets) dan margin laba bersih (net profit margin). least square method digunakan untuk memprediksi suatu data dimasa depan. Sedangkan perhitungan rasio profitabilitas digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba atau keuntungan atas penggunaan sumber daya yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbandingan tingkat penjualan pada laporan keuangan PT. Unilever Indonesia Tbk. dengan PT. Kino Indonesia Tbk. tahun 2016-2019. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan least square method dan rasio profitabilitas menunjukkan kedua perusahaan mengalami kenaikan dan penurunan. Tingkat penjualan padabPT. Unilever Indonesia Tbk. lebih baik dibandingkan dengan PT. Kino Indonesia Tbk. Hal ini dapat dilihat dari peramalan penjualan tahun 2019 yang didapatkan pada PT. Unilever Indonesia Tbk. lebih besar daripada PT. Kino Indonesia Tbk. Kemudian, untuk perbandingan dari rasio profitabilitas pada PT. Unilever Indonesia Tbk. memperoleh hasil lebih besar dibanding PT. Kino Indonesia Tbk.