Analisis Nilai Edukasi dalam Novel Hujan Karya Tere Liye

Penulis

  • Lita Safitri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.62394/scientia.v1i1.2

Kata Kunci:

Nilai Edukasi, Unsur Fiksi, Novel, Hujan Karya Tere Liye

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan wujud nilai edukasi/pendidikan dalam novel Hujan karya Tere Liye, mendeskripsikan unsur fiksi sebagai sarana penyampai nilai-nilai edukasi/pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif  kualitatif. Sumber data  penelitian ini adalah novel berjudul Hujan Karya Tere Liye. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Hujan memiliki lima dimensi nilai pendidikan yaitu, ketuhanan, moral, sosial, budaya dan estetika. Nilai Pendidikan Ketuhanan dalam novel ini memiliki dua varian, yaitu 1) bersyukur kepada tuhan dan 2) berserah diri kepada Tuhan. Nilai Pendidikan Moral memiliki tiga belas varian, yaitu 1) memberi nasihat,2) mengasihi, 3) berbakti kepada orangtua, 4) bertanggungjawab, 5) rajin, 6) disiplin, 7) menghargai orang lain, 8) semangat pantang menyerah, 9) wawas diri, 10) ikhlas, 11) berjiwa besar, 12) kegiatan positif dan 13) cinta tanah air. Nilai Pendidikan Sosial memiliki lima varian, yaitu 1) bersimpati, 2) berbagi, 3) bersahabat, 4)  tolong-menolong, dan 5) kekeluargaan. Nilai Pendidikan Budaya memiliki lima varian, yaitu 1) Budaya kampus, 2) sistem mata pencaharian, 3) budaya teknologi, 4) bela Negara, dan5) menjaga kesenian daerah. Adapun unsur-unsur yang digunakan dalam novel Hujan sebagai penyampai nilai pendidikan yaitu ada empat hal: 1) tema, 2) latar, 3) tokoh, dan 4) gaya bahasa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-02-28

Cara Mengutip

Safitri, L. (2022). Analisis Nilai Edukasi dalam Novel Hujan Karya Tere Liye. SCIENTIA: Journal of Multi Disciplinary Science, 1(1), 17–34. https://doi.org/10.62394/scientia.v1i1.2

Terbitan

Bagian

Articles