Strategi Digital Marketing untuk UMKM: Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Efektif

Authors

  • Rita Herlina Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Lisda Ariani Simabur Universitas Terbuka

Keywords:

UMKM, digital marketing, media sosial, promosi, pemberdayaan

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi yang efektif melalui strategi digital marketing. Dalam era transformasi digital, media sosial seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp Business menjadi platform yang potensial untuk menjangkau konsumen secara luas, cepat, dan efisien. Namun, banyak pelaku UMKM yang masih belum memahami cara optimal menggunakan media sosial dalam memasarkan produk mereka. Kegiatan ini dilaksanakan melalui pelatihan interaktif dan pendampingan langsung kepada pelaku UMKM di wilayah binaan. Materi pelatihan mencakup pengenalan konsep digital marketing, pembuatan konten promosi yang menarik, teknik copywriting, manajemen akun bisnis, serta analisis performa promosi di media sosial. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta terhadap strategi digital marketing dan kemampuan praktis dalam mengelola promosi melalui media sosial. Pengabdian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam penguatan daya saing UMKM melalui pemanfaatan teknologi digital, serta mendorong keberlanjutan bisnis di tengah persaingan pasar yang semakin dinamis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Farisi, S., & Fasa, M. I. (2022). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(1), 73–84.

Hamzah, R. E., & Putri, C. E. (2021). Pemanfaatan digital marketing oleh pelaku UMKM di Kuningan Barat Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Dianmas, 1(1), 12–20.

Hasan, D. S., & Sangadji, S. S. (2024). Fundamentals in Crafting Research and Community Service Articles. SCIENTIA: Journal of Multi Disciplinary Science, 3(1), 31–39. https://doi.org/10.62394/scientia.v3i1.102

Iswanto, D., Irsyad, Z., Istiqlal, I., & Sangadji, S. (2024). Optimizing Social Media Marketing to Preserve Lombok’s Traditions and Culture. https://doi.org/10.20944/preprints202412.1745.v1

Kadeni, N. S. (2020). Peran UMKM (usaha mikro kecil menengah) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 8(2), 191–200.

Marlinah, L. (2020). Peluang dan tantangan UMKM dalam upaya memperkuat perekonomian nasional tahun 2020 ditengah pandemi covid 19. Jurnal Ekonomi, 22(2), 118–124.

Purboyo, S. H., Kusuma, G. P. E., Sudirman, A., Sangadji, S. S., Wardhana, A., Kartika, R. D., Erwin, N. H., Syamsuri, S. S., & Marlena, N. (2021). Perilaku Konsumen (Tinjauan dan Praktis). Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Rafa’al, M., & Sangadji, S. S. (2023). Digital Transformation of the Hotel Industry “Theories, Practices, and Global Challenges.” Journal of Hospitality and Tourism Management, 56, 469–470. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2023.08.002

Rafa’al, M., Simabur, L. A., & Sangadji, S. S. (2021). Komunikasi pemasaran di pemerintahan dan pengaruhnya terhadap keputusan wisatawan domestik. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(6), 533–550.

S. Sangadji, S., Handriana, T., Iswanto, D., & Rafa’al, M. (2025). The Rise of Posthumanism in Marketing: A Comprehensive Bibliometric Analysis. Journal of Posthumanism, 5(1), 76–88. https://doi.org/10.33182/joph.v5i1.3462

Silitonga, H. P., Syamsuri, A. R., Halim, A., Haryani, D. S., Sangadji, S. S., & Samad, A. (2020). PEMASARAN" Hasil pemikiran dari Para Dosen Berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia (Book Chapter-)". Center for Open Science.

Simabur, L. A., Sangadji, S. S., Rahman, A., & Koja, N. A. A. (2023). Exploring the Research Landscape of Marketing Communication in Tourism: A Bibliometric Analysis. Studies in Media and Communication, 11(7), 283. https://doi.org/10.11114/smc.v11i7.6294

Sinuraya, J. (2020). Potensi UMKM Dalam Menyangga Perekonomian Kerakyatan di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian Literatur. Pros. Semin. Akad. Tah. Ilmu Ekon. Dan Stud. Pembang, 160.

Sulfati, A. (2018). Efektivitas Pengembangan Usaha Mikro Di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 59–69.

Tohiroh, T., Firdaus, A., Saksana, J. C., Sasongko, F., Mulasih, S., Sutaryono, S., Sukardi, S., Adiguna, P., Lesmana, A. S., & Hakim, M. P. (2021). Sosialisasi Manajemen Pemasaran Berbasis Online Untuk Pelaku UMKM Di Kelurahan Jombang Kecamatan Cputat Tangerang Selatan. SAFARI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 54–63.

Wafi, N. A., & Utomo, A. S. (2025). Glow Up Strategy: Pelatihan Strategi Pemasaran UMKM Produk Kecantikan di Era Digital untuk Meningkatkan Daya Saing dan Loyalitas Konsumen. Surya Abdimas, 9(1), 118–126.

Yolanda, C. (2024). Peran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam pengembangan ekonomi Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 170–186.

Yuniarti, R. (2024). Branding Umkm Melalui Platform Media Sosial.

Published

2025-03-30

Issue

Section

Articles