Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Melalui Pelatihan Komunikasi Pemasaran

Penulis

  • Lisda Ariani Simabur Universitas Terbuka
  • Syahrir Institut Pemerintahan Dalam Negeri [IPDN]
  • Nur Akbar A. Koja Universitas Nuku

Kata Kunci:

usaha mikro kecil, pelatihan komunikasi pemasaran, media promosi, peningkatan daya saing

Abstrak

Program pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing Usaha Mikro Kecil (UMK) melalui pelatihan komunikasi pemasaran sebagai media promosi. UMK di Indonesia sering menghadapi tantangan dalam memanfaatkan strategi pemasaran modern, terutama dalam hal penggunaan media sosial dan alat pemasaran digital. Untuk mengatasi masalah ini, pelatihan dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan agar pelaku UMK dapat memanfaatkan komunikasi pemasaran secara efektif. Kegiatan ini dimulai dengan identifikasi kebutuhan pelaku UMK, diikuti dengan pengembangan materi pelatihan yang mencakup konsep dasar komunikasi pemasaran, teknik promosi digital, dan analisis data konsumen. Pelatihan dilaksanakan dalam bentuk workshop yang mencakup sesi teori, diskusi, dan praktik langsung. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman peserta mengenai strategi komunikasi pemasaran, dengan banyak peserta yang berhasil menerapkan teknik baru dalam kampanye pemasaran mereka. Peningkatan terlihat dalam hal visibilitas produk dan interaksi konsumen melalui media sosial. Namun, tantangan seperti perbedaan tingkat kemampuan teknis dan keterbatasan sumber daya juga teridentifikasi. Program ini menekankan pentingnya dukungan dan pendampingan berkelanjutan untuk membantu peserta dalam mengatasi kendala dan memaksimalkan hasil pemasaran

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afiah, N., Hasan, M., Ratnah, S., & Arisah, N. (2022). Analisis Pemanfaatan Aplikasi TikTok dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Sektor Kuliner di Kota Makassar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(4), 1257–1266.

Annisa, Z. N., & Wulansari, D. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Di Staffee. Ca Bouquet Sidoarjo. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 6(4), 31–40.

Aulia, S. (2023). Penciptaan Brand Awareness Melalui Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Iklan Videotronic 3d Mobil Wuling. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 7(2), 463–472.

Badan Pusat Statistik. (2021). Usaha mikro kecil. Diambil Dari Https://Www. Bps. Go. Id/Subject/35/Usaha-Mikrokecil. Html# SubjekViewTab1 Pada Tanggal, 16.

Farahdiba, D. (2020). Konsep dan strategi komunikasi pemasaran: perubahan perilaku konsumen menuju era disrupsi. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8(1), 22–38.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76.

Fristian, S. C. (2014). Analisis Karakteristik Dan Identifikasi Kendala Yang Dihadapi Umkm Di Kota Malang (Studi Kasus Pada Sentra Industri Tempe Sanan). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Hasan, D. S., & Sangadji, S. S. (2024). Fundamentals in Crafting Research and Community Service Articles. SCIENTIA: Journal of Multi Disciplinary Science, 3(1), 31–39. https://doi.org/10.62394/scientia.v3i1.102

Mayasari, R., Febriantoko, J., Putra, R. R., Hadiwijaya, H., & Kurniawan, D. (2022). Digitalisasi Desa: Pilar Pembangunan Ekonomi Desa. Penerbit Nem.

Noti, F. B., Widodo, H. P., & Setiamandani, E. D. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Kae Thai Tea Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Komunikasi Nusantara, 3(1), 33–43.

Novitasari, A. T. (2022). Kontribusi UMKM terhadap Pertumbuhan Ekonomi Era Digitalisasi Melalui Peran Pemerintah. Journal of Applied Business & Economics (JABE), 9(2).

Nuraisyah, N., Haryono, D., & Lutfiani, L. (2023). Pelatihan Strategi Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kecamatan Sarjo (Membentuk Dan Mendukung Pengembangan Wirausahawan Muda Dan Pemula). Publikasi Ilmiah Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (SIKEMAS), 2(2), 63–78.

Putri, N. W. E. (2019). Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng Dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan Di Buleleng. Jurnal Komunikasi Profesional, 3(1).

Rahayu, M., & Fitriyah, Z. (2024). Keterampilan Foto dan Video Sebagai Peningkatan Branding Produk Bagi UMKM Kelurahan Rungkut Tengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 152–158.

Sawlani, D. K., & Se, M. (2021). Digital marketing: brand images. Scopindo Media Pustaka.

Sofyan, S. (2017). Peran UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) dalam Perekonomian Indonesia. Bilancia: Jurnal Studi Ilmu Syariah Dan Hukum, 11(1), 33–64.

Sukendar, A. Y. S., Raissa, A., & Michael, T. (2020). Penjualan Rogodi (Roti Goreng Mulyodadi) sebagai usaha bisnis dalam meningkatkan usaha mikro kecil (UMK) di Desa Mulyodadi, Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Hukum Bisnis Bonum Commune, 3(1), 457421.

Susmanto, F. G., Mutiah, R., & Rusmana, F. D. (2024). Implementasi Pengelolaan E-Commerce Terhadap Strategi Pemasaran Keripik Pisang Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI), 3(1), 34–49.

Wardhani, A. K., & Romas, A. N. (2021). Analysis of Digital Marketing Strategies in the Covid-19 Pandemic. EXERO: Journal of Research in Business and Economics, 4(1), 29–53.

Widyastuti, S. (2017). Manajemen komunikasi pemasaran terpadu: Solusi menembus hati pelanggan. Feb-Up Press.

Diterbitkan

2024-12-16

Terbitan

Bagian

Articles