Pengembangan Keterampilan Bahasa Inggris dan Literasi Digital bagi Komunitas Lokal melalui Pelatihan Berbasis Media Sosial

Penulis

  • Nailul Authar Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Reizano Amri Rasyid Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Tiyas Saputri Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Edi Pujo Basuki Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Djuwari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Nur Hubba Ahmadah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Tarisa Adelia Putri Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Ni Made Ardita Arya Putri Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Kata Kunci:

bahasa inggris, literasi digital, media sosial, Instagram, Pembelajaran digital

Abstrak

Penguasaan bahasa Inggris dan literasi digital menjadi keterampilan penting di era digital, namun banyak masyarakat lokal yang belum memanfaatkan teknologi secara optimal. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Kecamatan Paciran, Lamongan, untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris dan literasi digital melalui Instagram. Metode yang digunakan meliputi identifikasi kebutuhan, perencanaan program, pelatihan intensif dua minggu, dan pendampingan daring melalui WhatsApp. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berbicara bahasa Inggris dan penggunaan Instagram untuk pembelajaran. Peserta aktif membuat konten bahasa Inggris dan memanfaatkan fitur interaktif Instagram untuk meningkatkan keterlibatan. Kegiatan ini membuktikan bahwa pelatihan berbasis praktik dan pendampingan dapat memperkuat keterampilan digital dan bahasa Inggris masyarakat dalam menghadapi tantangan global.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Reizano Amri Rasyid, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Teknologi Digital

Tiyas Saputri, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Edi Pujo Basuki, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Djuwari, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,

Nur Hubba Ahmadah, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Tarisa Adelia Putri, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Ni Made Ardita Arya Putri, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Referensi

Aquariza, N. R., Authar, N., Asmara, B., Zaniar, S., & Afandi, M. D. (2024). A Narrative Analysis on Teaching Performance of The English Pre-Service Teacher. Journal of Educational Integration and Development (JEID), 4(4), 271–282. https://doi.org/10.55868/jeid.v4i4.365

Authar, N., Djuwari, D., Aquariza, N. R., & Zaniar, S. (2024). Socialization and Training on the Use of Augmented Reality Applications for Teachers in Paciran Village to Make English Learning Easier. Indonesia Berdaya: Journal of Community Engagement, 5(3), 961–968. ISSN 2721-0669

Authar, N., Muflihah, T., Fidyaningrum, S. A., Hardiana, A. S., Azizah, A., & Ramadhani, D. (2021). Improving Vocabulary Mastery Through the Traditional Game “Engklek” For Children in Kalijaten Village, Kec. Taman, Kab. Sidoarjo. Child Education Journal, 3(2), 92–99. https://doi.org/10.33086/cej.v3i2.2229

Rihlah, J., Rulyansah, A., Budiarti, R., & Authar, N. (2022). Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar melalui Pendampingan Penyusunan RPP berorientasi Kecakapan Abad 21. Indonesia Berdaya, 3(3), 547–554. https://doi.org/10.47679/ib.2022256

Andriani, T., & Hidayat, S. (2023). Implementasi pembelajaran bahasa Inggris berbasis media sosial di era digital. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Inggris, 8(1), 123–137. https://doi.org/10.33086/jppbi.v8i1.1035

Aquariza, N. R., Authar, N., Asmara, B., Zaniar, S., & Afandi, M. D. (2024). A narrative analysis on teaching performance of the English pre-service teacher. Journal of Educational Integration and Development, 4(4), 271–282. https://doi.org/10.55868/jeid.v4i4.365

Authar, N., Djuwari, D., Aquariza, N. R., & Zaniar, S. (2024). Socialization and training on the use of augmented reality applications for teachers in Paciran Village to make English learning easier. Indonesia Berdaya: Journal of Community Engagement, 5(3), 961–968. ISSN 2721-0669

Authar, N., Muflihah, T., Fidyaningrum, S. A., Hardiana, A. S., Azizah, A., & Ramadhani, D. (2021). Improving vocabulary mastery through the traditional game “Engklek” for children in Kalijaten Village, Kec. Taman, Kab. Sidoarjo. Child Education Journal, 3(2), 92–99. https://doi.org/10.33086/cej.v3i2.2229

Chastanti, I., Layyinnati, I., Srimulat, F. E., Fiqri, C. I. A., Syafriyeti, R., Afriani, D. T., Ernawati, Nur Jannah, Rimayasi, Herlandy, P. B., Aba, M. M., Harahap, R. R., Wahyuningsih, Rajiman, W., & Sitaresmi, P. D. W. (2024). Inovasi pembelajaran dan pendidikan: Teknologi untuk peningkatan kualitas pendidikan (xviii + 310 hlm.). CV. Bildung Nusantara. ISBN: 978-623-8588-06-0.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo). (2021). Laporan tahunan tentang peningkatan literasi digital masyarakat Indonesia. Retrieved from eppid.kominfo.go.id

Kusuma, A., Darma, D., & Sari, S. R. (2023). Analisis pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media promosi di perpustakaan Universitas Bangka Belitung berdasarkan engagement rate, impression, dan reach. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 9(2), 105–116. https://doi.org/10.14710/lenpust.v9i2.49483

Maulani, G. (Ed.). (2024). Pendidikan di era digital (hal. ix, 264). Sada Kurnia Pustaka. ISBN: 978-623-8385-88-1

Pertiwi, N. P. N., & Wahyudi. (2022). Media pembelajaran digital berbasis Instagram untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 402–414. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.51805

Rihlah, J., Rulyansah, A., Budiarti, R., & Authar, N. (2022). Pemberdayaan guru sekolah dasar melalui pendampingan penyusunan RPP berorientasi kecakapan abad 21. Indonesia Berdaya, 3(3), 547–554. https://doi.org/10.47679/ib.2022256

Rofi’i, A., Nurhidayat, E., & Santoso, E. (2022). Media pembelajaran berbasis video dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1589–1594. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4010

Siregar, U. D. (2023). Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi bisnis di era globalisasi: Persepsi pebisnis dan karyawan. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 129–135. https://doi.org/10.47709/jbsi.v3i01.2608

Syahira, S., & Heriyanti, H. (2022). Bimbingan belajar bahasa Inggris gratis untuk siswa MI Ya Bunayya Hidayatullah Manokwari. Jurnal Cemerlang: Pengabdian pada Masyarakat, 4(2), 310–317. https://doi.org/10.31540/jpm.v4i2.1788

Susanti, S., Bangun, M. B., Wulandari, Y. D., Sinaga, M., Hasibuan, M. A., Sagala, A. C., & Sagala, A. A. (2024). Peran media sosial dalam meningkatkan literasi digital di kalangan remaja lingkungan Jalan Hm. Joni Medan. Jurnal Pendidikan Non Formal, 1(3), 7. https://doi.org/10.47134/jpn.v1i3.328

Syahira, S., Wahab, I., & Tahang, H. (2024). Eksplorasi pengaruh media sosial terhadap peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris di kalangan mahasiswa S1: Studi kualitatif. Jurnal Prespektif Pendidikan, 18(2). https://doi.org/10.31540/jpp.v18i2.3309

Wijayanto, A. (Ed.). (2024). Optimalisasi pembelajaran bahasa Inggris menyambut Indonesia Emas 2045 (pp. 79–86). Akademia Pustaka. https://doi.org/10.5281/zenodo.13853751

Yustitia, V., Kania, N., & Kusumaningrum, B. (2024). Pendidikan di era digital. EDUPEDIA Publisher. ISBN: 978-623-8442-77-5.

Diterbitkan

2025-03-30

Terbitan

Bagian

Articles