Edukasi Penggunaan Layanan BPJS Kesehatan bagi Masyarakat Di Kecamatan Lakara Palangga Selatan Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara

Penulis

  • Rania Fatrizza Pritami STIKes Pelita Ibu
  • Muhammad Al Rajab STIKes Pelita Ibu
  • Sultan Andilah STIKes Pelita Ibu
  • Marheni Fadilah Harun STIKes Pelita Ibu
  • Fajar Kurniawan STIKes Pelita Ibu
  • Fitri Kurniawati STIKes Pelita Ibu
  • Noviani Munsir STIKes Pelita Ibu
  • Tawakkal Tawakkal STIKes Pelita Ibu
  • Andriani Andriani STIKes Pelita Ibu
  • Lisnawati Lisnawati STIKes Pelita Ibu

Kata Kunci:

BPJS, Penyuluhan, Pengabdian

Abstrak

Permasalahan mengenai BPJS kesehatan diantaranya masih ada masyarakat yang belum tercover sebagai peserta, masyarakat masih belum memahami mengenai cara mendapatkan dan tahapan dalam pengobatan dengan menggunakan BPJS mulai dari rujukan pelayanan kesehatan tingkat pertama ke rujukan pelayanan kesehatan tingkat paling tinggi. Masyarakat juga juga belum mendapatkan informasi secara maksimal mengenai jaminan kesehatan BPJS. Metode pemecahan permasalahan dalam pengabdian masyarakat menggunakan edukasi oleh dosen dan mahasiswa pada masyarakat, Tahapan pelaksanaan kegiatan pada pengabdian masyarakat ini yaitu menggunakan metode penyuluhan atau edukasi oleh dosen dan mahasiswa. Konsep metode edukasi meliputi: 1) tahap orientasi; 2) pre test; 3) resolusi, 4) Post test Memberikan materi meliputi: 1) pengertian BPJS; 2) jenis-jenis BPJS; 3) pelayanan-pelayanan dalam BPJS; 4) pembayaran iuran BPJS; 5) prosedur pendaftaran BPJS; 6) manfaat BPJS ; 7) alur kepesertaan BPJS; 8) Alur pelayanan BPJS; 9) hak dan kewajiban peserta BPJS. Hasil pengabdian masyarakat memberikan materi tentang BPJS selama 30 menit. Kegiatan sosialisasi  mengenai pemanfaatan layanan BPJS kesehatan dalam pemenuhan kesehatan sehingga masyarakat lebih produktif dan mendapatkan pelayanan kesehatan yang terpenuhi secara komprehensif dan bertanggung jawab

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustina, R., Dartanto, T., Sitompul, R., Susiloretni, K. A., Suparmi, Achadi, E. L., Taher, A., Wirawan, F., Sungkar, S., Sudarmono, P., Shankar, A. H., & Thabrany, H. (2019). Universal health coverage in Indonesia: concept, progress, and challenges. Lancet (London, England), 393(10166), 75–102. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(18)31647-7

Aini, N. (2019). Evaluasi Kinerja Pegawai Untuk Mewujudkan Pelayanan Publik Dalam Perspektif Good Governance. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik, 1(1), 43. https://doi.org/10.33474/jisop.v1i1.2671

Anindya, K., Lee, J. T., McPake, B., Wilopo, S. A., Millett, C., & Carvalho, N. (2020). Impact of Indonesia’s national health insurance scheme on inequality in access to maternal health services: A propensity score matched analysis. Journal of Global Health, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.7189/JOGH.10.010429

Basuki, N., Sidayat, M., Nurdiyanawati, D., Karmila, I., Kaddas, F., Dewi, F. K., Kusuma, E., & Suhardi. (2022). BARAKATI : Journal of Community Service Penyuluhan Pengasapan Ikan Cakalang Menggunakan Asap Cair BARAKATI : Journal of Community Service. BARAKATI: Journal of Community Service, 01(1), 26–30. http://ejournal.sangadjimediapublishing.id/index.php/barakati/article/view/29/37

BPJS. (2013). Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan. In Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan.

BPJS Kesehatan. (2021). Kaleidoskop BPJS Kesehatan 2021 : Menutup Tahun dengan Kinerja Gemilang. BPJS Kesehatan, November, 9.

Guercke, L. (2021). State Responsibility for a Failure to Prevent Violations of the Right to Life by Organised Criminal Groups: Disappearances in Mexico. Human Rights Law Review, 21(2), 329–357. https://doi.org/10.1093/hrlr/ngaa061

Hadi, A., Dimuru, L., & Rumau, A. (2021). Efektivitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat ( Studi di Puskesmas Kecamatan Geser Kabupaten Seram Bagian Timur ). Journal Administration and Public Service, 1, 15–23. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjaps/index %0A%0A

Hasrillah, Cikusin, Y., & Hayat. (2021). IMPLEMENTASI PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM BPJS KESEHATAN. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2869–2882.

Kemenkes RI. (2013). PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 71 TAHUN 2013. http://jkn.kemkes.go.id/attachment/unduhan/PMK No. 71 Th 2013 ttg Pelayanan Kesehatan Pada JKN.pdf

Manchester, A. (2018). Health -A human right. Kai Tiaki Nursing New Zealand, 24(3), 12–13. https://www.researchgate.net/publication/328476728_HEALTH_-_A_HUMAN_RIGHT/link/5bd026c24585152b145119a4/download

Nurhayani, & Rahmadani, S. (2019). Analisis Pelaksanaan Sistem Rujukan Pasien Bpjs Kesehatan Di Puskesmas Mamasa, Puskesmas Malabo Dan Puskesmas Balla Kabupaten Mamasa. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat, 7(2), 15–22.

Ode, W., Asma, S., Sartika, Y., Benly, N. E., & Kurniawan, F. (2022). Analysis of Factors that Influence the High Reference Rate in the Health Center in the Era of National Health Insurance. International Journal Papier Advance and Scientific Review, 3(2), 38–46.

Presiden Republik Indonesia. (2020). Perpres Nomor 64 Tahun 2020 Tentang Jaminan Kesehatan. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/136650/perpres-no-64-tahun-2020

Tangdilambi, N., Badwi, A., & Alim, A. (2019). The Correlation between the Quality of Health Services and the Satisfaction of Out-patients at Makassar Regional Public Hospital. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan, 5(2), 165–181.

Widyawati. (2020). Buku Ajar Promosi Kesehatan untuk Mahasiswa Keperawatan. http://perpustakaan.bsm.ac.id/assets/files/buku_ajar_pendidikan_dan_promosi_kesehatan_buk_widya.pdf

Diterbitkan

2023-03-28

Terbitan

Bagian

Articles