Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris: Optimalisasi Kosakata melalui Teknologi Audio-Visual di SMK Negeri 3 Tidore Kepulauan

Penulis

  • Nursakina Husen Universitas Nuku
  • Mardiana Kader Universitas Nuku
  • Rosita Abas Universitas Nuku
  • Risqi Aamarullah Universitas Nuku
  • Fadila Farasda Universitas Nuku

Kata Kunci:

pelatihan bahasa inggris, peran media, audio-visual, kosakata

Abstrak

Pendidikan bahasa Inggris menjadi penting karena dampak globalisasi dan kemajuan teknologi. Bahasa Inggris memberikan akses pada pengetahuan, kesempatan kerja, dan pertukaran budaya. Metode pengajaran inovatif dan efektif sangat diperlukan, dengan media sebagai mediator penting dalam pendidikan. Pentingnya pembelajaran kosakata sejak dini didukung oleh media audio-visual untuk meningkatkan minat, kosakata, dan tata bahasa. Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Tidore Kepulauan menerapkan pengajaran bahasa Inggris dengan media audio-visual, meningkatkan kualitas pembelajaran, kosakata, dan tata bahasa. Hasil dari pelatihan ini sangat positif. Para siswa tidak hanya mengalami peningkatan kosakata bahasa Inggris, tetapi juga mengembangkan semangat dan motivasi dalam mempelajari bahasa tersebut. Hasil ini berdampak baik di lingkungan sekolah maupun di rumah, dimana siswa lebih percaya diri dan termotivasi untuk terus berlatih bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Harapannya, hasil dari pelatihan ini akan memberikan motivasi kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman kosakata melalui media audio-visual serta meningkatkan minat belajar bahasa Inggris.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ammelia, D. R., & Mariati, P. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Berupa Musik Berbahasa Inggris untuk Mengembangkan Vocabulary Siswa Kelas V SD Tri Guna Bhakti Surabaya. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 587–591.

Andani, W. D., Rakhmat, S., & Mulyadi, Y. (2018). Penerapan Teknik Shadowing dengan Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Berbicara Bahasa Perancis. Barista: Jurnal Kajian Bahasa Dan Pariwisata, 5(2), 180–190.

Efendi, M. S. (2012). Linguistik Sebagai Ilmu Bahasa. Jurnal Perspektif Pendidikan, 5(1), 97–101.

Farizah, A. N., & Astiningrum, M. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak-Anak Menggunakan Teknologi Kinect. Jurnal Informatika Polinema, 2(2), 55.

Handayani, S. (2016). Pentingnya kemampuan berbahasa Inggris sebagai dalam menyongsong ASEAN Community 2015. Jurnal Profesi Pendidik, 3(1), 102–106.

Herdiannanda, D. (2010). Pemanfaatan audio visual (film kartun) sebagai media bantu siswa dalam penguasaan kosakata bahasa Mandarin di SMA Negeri 4 Surakarta.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1–10.

Marlianingsih, N. (2016). Pengenalan kosa kata Bahasa Inggris melalui media audio visual (animasi) pada paud. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 133–140.

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95–105.

Noermanzah, N. (2019). Bahasa sebagai alat komunikasi, citra pikiran, dan kepribadian. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 306–319.

Nuraeni, S. P. (2021). Bahasa Inggris di Era Globalisasi. Teori & Inovasi Pendidikan Masa Depan, 18.

Nurcholis, A., & Hidayatullah, S. I. (2019). Tantangan Bahasa Arab Sebagai Alat Komunikasi Di Era Revolusi Industri 4.0 Pada Pascasarjana IAIN Tulungagung. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 3(2), 283–298.

Nurhandayanti, A., Basuki, A., & Silitonga, F. (2022). Pengaruh Kemampuan Bahasa Inggris Terhadap Prestasi Taruna Tingkat Iv Akademi Militer. Jurnal Mahatvavirya, 9(2), 18–28.

Pritami, R. F., Al Rajab, M., Andilah, S., Harun, M. F., Kurniawan, F., Kurniawati, F., … Lisnawati, L. (2023). Edukasi Penggunaan Layanan BPJS Kesehatan bagi Masyarakat Di Kecamatan Lakara Palangga Selatan Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara. BARAKTI: Journal of Community Service, 1(2), 44–52.

Purnaningsih, P. (2017). Strategi Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(1), 34–41.

Putri, R. F., & Putri, R. F. (2019). Belajar Bahasa Inggris Melalui Board Game/Card Game. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 2(1), 539–543.

Rahardjo, M. (2007). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Publik dan Pembangunan Wacana. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 2(1).

Rahmayanti, R. (2022). Meningkatkan vocabulari siswa dengan menggunakan media flashcard pada pembelajaran bahasa inggris. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2), 251–258.

Sangadji, Suwandi S., Febriyani E. Supriatin, Iin Marliana, Afkar, Andi Paerah, and Firdaus Y. Dharta. 2022. “ METODOLOGI PENELITIAN.” OSF Preprints. July 5.osf.io/ywemh

Sangadji, S. S. (2023). Management research methods. PROCURATIO: Jurnal Manajemen & Bisnis, 2(1), 43–44.

Syahputra, I. (2014). Strategi pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dalam meningkatkan kemampuan berbahasa siswa. Kutubkhanah, 17(1), 127–145.

Triyanti, R. (2018). Metode Scaffolding Berbantu Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

Yuliarti, S. T. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Komik Strip dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Narasi Bahasa Perancis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Diterbitkan

2023-08-28

Terbitan

Bagian

Articles