Identifikasi Potensi Pantai Kalomang sebagai Destinasi Wisata Baru di Watubangga

Penulis

  • Sudarnice Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Titin Juniarti Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Kata Kunci:

Identifikasi Wisata, Potensi Wisata, Destinasi Wisata

Abstrak

Kecamatan Watubangga, Kabupaten Kolaka merupakan desa pesisir yang memiliki potensi yang luar biasa, baik dari segi kerukunan bermasyarkat, pendidikan, maupun pariwisata, hal ini juga dididukung oleh beberapa potensi pasar dari Kampus Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Bandar Udara Sangia Nibandera dan merupakan jalan poros penghubung Kabupaten Kolaka dan Kabupaten Bombana. Oleh karena itu, potensi pantai Kalomang perlu di identifikasi karena merupakan Destinasi Wisata baru yang memiliki banyak pengunjung baik dari masyarakat Kabupaten Kolaka sendiri maupun dari Kabupaten Kolaka Timur, dan Kabupaten Bombana. Kegiatan ini merupakan Pengabdian kepada Masyarakat melalui Kampus Membangun Desa bermitra denga Pemerintah Lura Watubangga dengan tema Identifikasi Potensi Pantai Kalomang sebagai Destinasi Wisata Baru di Kecamatan Watubangga. Kegiatan PkM ini merupakan langka awal dalam pengembangan potensi daerah Wisata Kec. Watubangga dengan metode observasi, dan wawancara bertujuan untuk mengetahui potensi Wisata Pantai Kalomang. Hasil kegiatan menunjukan bahwa potensi Pantai Kalomang masih dalam kategori cukup dilihat dari potensi internalnya. Sedangkan potensi eksternal termasuk dalam kategori baik sehingga perlu dikembangkan lagi agar dapat menjadi destinasi wisata   andalan yang ada di Kecamatan Watubangga Kab. Kolaka. Selain itu, anggapan bagi wisatawan yang berkunjung bahwa terdapat potensi yang ada diobjek wisata Pantai Kalomang sehingga perlu pengelolaan yang lebih baik dengan melengkapi fasilitas-fasilitas yang belum tersedia sehingga wisatawan yang datang berkunjung bisa menikmati keindahan dan tidak merasa bosan di tempat tersebut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Damardjati, R.S. 1995. Istilah-istilah Dunia Pariwisata. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum

Gamal Suwantoro, 1997.Dasar-dasar Pariwisata.Yogyakarta: Andi

Pearce, Douglas. 1983.Toursit Development Topics InApplied Geography.

Simanjuntak, M., Kato, I., Sudarnice, S., Butarbutar, M., Sherly, S., Purba, S., Parinduri, L., Purba, B., Purnomo, Y. J., & Ismail, M. (2021). Manajemen SDM. Yayasan Kita Menulis.

Spillane J, James. 1993. Ekonomi Pariwisata: Sejarah dan Prospeknya Yogyakarta: Kanisius.

Sudarnice, Hendrik, Titing, A. S., Phradiansah, Sudarman, L., & Supiani. (2022). UMKM dalam Perspektif Manajemen. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM) Banten.

Sudarnice, S. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Minimarket Alfamidi Kolaka. Jurnal Dimensi, 9(2), 280–293. https://doi.org/10.33373/dms.v9i2.2541

Wahab, Salah. 1976, Manajemen Kepariwisataan Terjemahan Frans Gromang, Jakarta. PT Pradnya Paramita.

Waluyo, Harry 1993. Dukungan Budaya Terhadap Perkembangan Ekonomi, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Zeithaml,Valarie A and Bitner. (2000). Service Marketing 2nd edition: Integrating Customer Focus. New York.McGraw-Hill Inc.

Diterbitkan

2024-01-08

Terbitan

Bagian

Articles