STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KOMODITI PALA DI KOTA TERNATE
DOI:
https://doi.org/10.62394/projmb.v2i2.66Keywords:
strategi, pengembangan usaha, komoditi pertanian, palaAbstract
Pala sebagai salah satu komodititas unggulan di Kota Ternate, tidak hanya bernilai ekonomis tinggi, tetapi juga memiliki manfaat yang beragam bagi manusia, sebab dapat digunakan dalam berbagai produk kecantikan hingga bumbu masak. Biji dan fuli pala memiliki potensi ekspor yang menjanjikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam industri pala, menganalisis strategi pengembangan petani pala, serta merumuskan alternatif strategi pengembangan petani pala di Kecamatan Pulau Ternate. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survey dengan analisis SWOT. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kekuatan petani pala meliputi tingginya produksi, kualitas tinggi, dan motivasi petani. Namun, kelemahan meliputi kurangnya teknologi pala, penanganan pasca panen yang kurang, dan kendala dalam pengendalian hama. Peluang yang terbuka termasuk pasar yang luas, permintaan konsumen yang tinggi, dan stabilitas harga. Ancaman yang dihadapi meliputi serangan hama, kurangnya pelatihan, dan kurangnya perlindungan HaKi. Rekomendasi strategi pengembangan meliputi pemanfaatan teknologi pasca panen dan diversifikasi produk untuk meningkatkan daya saing petani pala.
Downloads
References
Analia, D. (2015). Strategi Pengembangan Pala (Myristica fragan haitt) Di Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam (Studi kasus: Kelompok Tani Sabik Tajam Nagari Tanjung Sani). Jurnal AGRISEP: Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 1–10.
BPS Kota Ternate. (2023). Geografi. https://ternatekota.bps.go.id/subject/153/geografi.html#subjekViewTab3
Darmawan, D., Genua, V., Kristianto, S., & Hutubessy, J. I. B. (2021). Tanaman perkebunan prospektif Indonesia. Penerbit Qiara Media.
Fatimah, F. N. D. (2016). Teknik analisis SWOT. Anak Hebat Indonesia.
Fatubun, H., Batorinding, E., Thio, J., Pandori, Y., Baransano, L., Fantoko, A., Rouw, A., Marwa, J., Arim, M., & Bawole, R. (2019). Potensi Komoditas Unggulan Daerah Provinsi Papua Barat.
Mahmud, H., Sangadji, S. S., & Suhardi, S. (2021). Analisis produksi, konsumsi dan pemasaran usahatani padi di desa lembah asri kecamatan weda selatan kabupaten halmahera tengah. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 21(1), 194–201.
Muhammad, M. (2014). Strategi pengembangan agribisnis tanaman jagung pada Dinas Pertanian Kabupaten Halmahera Utara. Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 7(1), 58–65.
Muhammad, M., & Ekaria, E. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Bawang Merah Lokal Topo di Kecamatan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan. Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 12(2), 209–219.
Pasaribu, H. F. (2018). Penerapan Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Pada PT. Arma Anugerah Abadi Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.
Rangkuti, F. (1998). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, F. (2016). Teknik membedah kasus bisnis Analisis SWOT. Jakarta: Gramedia.
Sangadji, Suwandi S., Febriyani E. Supriatin, Iin Marliana, Afkar, Andi Paerah, and Firdaus Y. Dharta. 2022. “ METODOLOGI PENELITIAN.” OSF Preprints. July 5.osf.io/ywemh
Sangadji, S. S. (n.d.). Suhardi. 2019.“. Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Kerapu Di Kelurahan Djikocobo Kota Tidore Kepulauan.” Aksara Publik, 3, 179–187.
Sangadji, S. S. (2023). Management research methods. PROCURATIO: Jurnal Manajemen & Bisnis, 2(1), 43-44.
Sangadji, S. S., Kariadi, M. T., & Rachman, S. (2020). The effectivity of nutmeg processing and packaging reformulation activity in increasing the public welfare in jaya village of tidore islands. Agro Bali: Agricultural Journal, 3(2), 118–126.
Sangadji, S. S., Manullang, S. O., & Tahirs, J. P. (2020). Identification Of Business Knowledge Management Strategy: Using The Research Skills Development Framework Concept.
Shinta, A. (2001). Ilmu Usaha Tani. Universitas Brawijaya Press.
Suratiyah, K. (2015). Ilmu Usaha tani (edisi revisi). Penebar Swadaya Grup.