ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK SAGU IKAN DI KOTA TERNATE PROVINSI MALUKU UTARA
DOI:
https://doi.org/10.62394/projmb.v2i2.67Keywords:
sagu ikan, sikap, preferensi konsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap konsumen terhadap produk sagu ikan, dengan fokus pada atribut kenampakan, warna, aroma, rasa, dan tekstur. Penelitian ini dilakukan di Kota Ternate selama periode Januari hingga Juli 2023. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder, dengan melibatkan 50 responden dalam analisis. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Fishbein multiatribut. Hasil penelitian mengungkapkan beberapa kesimpulan signifikan. Pertama, penilaian panalis terhadap produk sagu ikan dengan atribut kenampakan, warna, aroma, rasa, dan tekstur pada empat perlakuan (S0, S1, S2, dan S3) menunjukkan nilai rata-rata berkisar antara 7,06 hingga 7,73. Hal ini mengindikasikan bahwa produk sagu ikan dengan keempat atribut tersebut disukai dan diterima oleh konsumen. Kedua, hasil analisis Fishbein mengungkapkan bahwa sikap konsumen terhadap produk sagu ikan pada atribut kenampakan, warna, aroma, rasa, dan tekstur, dengan perolehan nilai AO sebesar 237,96, berada dalam interval (200 – 250). Interval ini mengindikasikan bahwa sikap konsumen terhadap produk sagu ikan dapat dikategorikan sebagai "sangat baik." Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa produk sagu ikan dengan atribut-atribut yang diteliti memiliki penerimaan yang positif dari konsumen, dan sikap konsumen terhadap produk tersebut dapat dianggap sangat baik. Temuan ini memberikan pandangan yang berharga bagi produsen sagu ikan dalam upaya meningkatkan kualitas produk dan memahami preferensi konsumen dengan lebih baik.
Downloads
References
Agung, T. R. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Promosi, Persepsi Kemudahan Dan Intensitas Penggunaan Shopeefood Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Prof. KH Saifuddin Zuhri Purwokerto). UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri Purwokerto.
Badan Pusat Statistik. (2023). Data Kehutanan. https://www.bps.go.id/subject/60/kehutanan.html#subjekViewTab3
Buliyansih, A. (2023). Status Keberlanjutan Pola Konsumsi Pangan Suku Anak Dalam (SAD) Di Resort II. E Air Hitam I Taman Nasional Bukit Duabelas. Ilmu Lingkungan.
Hasan, D. S., Arief, Y. S., & Sangadji, S. S. (2023). Functional Foods and Their Implications for Health Promotion. Journal of Nutrition Education and Behavior, 55(10), 769–770.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi 12 J). PT. Indeks.
Mahmud, H., Sangadji, S. S., & Suhardi, S. (2021). Analisis produksi, konsumsi dan pemasaran usahatani padi di desa lembah asri kecamatan weda selatan kabupaten halmahera tengah. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 21(1), 194–201.
Nurdin, M. A. F., Afriyadi, R., & Hendraningsih, R. (2019). Preferensi Nasabah Bank Umum Syariah di Sukabumi. ECONEUR (Journal of Economics and Entrepreneurship), 3(2), 1–5.
Purboyo, P., Hastutik, S., Kusuma, G. P. E., Sudirman, A., Sangadji, S. S., Wardhana, A., ... & Syamsuri, S. (2021). Perilaku Konsumen (Tinjauan Konseptual & Praktis) (No. rwy65). Center for Open Science.
Rozi, A. (2019). The power of entrepreneurship. Bintang Sembilan Visitama.
Sangadji, Suwandi S., Febriyani E. Supriatin, Iin Marliana, Afkar, Andi Paerah, and Firdaus Y. Dharta. 2022. “Metodologi Penelitian.” OSF Preprints. July 5.osf.io/ywemh
Sangadji, S. S. (2023). Sales Management Analysis and Decision Making. PROCURATIO: Jurnal Manajemen & Bisnis, 2(1), 39-42.
Sangadji, S. S. (2023). Management research methods. PROCURATIO: Jurnal Manajemen & Bisnis, 2(1), 43-44.
Sangadji, S., Suhardi, S., & Ali, C. P. M. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Sagu Rasa pada Gabungan Kelompok Tani Tagafura di Kelurahan Jaya Kota Tidore Kepulauan. Optimal: Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 142–157.
Sari, D. C., Wardhana, A., Darwin, M., Sulaiman, E., Rahmawan, G., Ridwan, M., Hastutik, S., Poltak, H., & Sangadji, S. S. (2021). Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.
Silitonga, H. P., Syamsuri, A. R., Halim, A., Haryani, D. S., Sangadji, S. S., & Samad, A. (2020). PEMASARAN" Hasil pemikiran dari Para Dosen Berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia (Book Chapter-)". Center for Open Science.
Wulandari, H. (2022). Analisis Perilaku Konsumen dan Penerapan Green Marketing Kentucky Fried Chicken. PROCURATIO: Jurnal Manajemen & Bisnis, 1(2), 101–109.