PENGARUH HARGA DAN ULASAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA DI KABUPATEN BEKASI

Authors

  • Harnum Dahliyanti Universitas Terbuka
  • Sudarnice Universitas Sembilanbelas November Kolaka

DOI:

https://doi.org/10.62394/projmb.v2i2.73

Keywords:

harga, ulasan produk, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh era sekarang yang sangat modern sehingga mempermudah kalangan masyarakat dalam melakukan transaksi perbelanjaaan yang berbasis online. Konsumen cenderung memilih produk online dengan alasan adanya harga produk yang beragam dan ulasan produk yang dapat dipercaya. Dengan dibuatnya penelitian ini bermaksud untuk mengetahui keputusan pembelian konsumen di Kabupaten Bekasi pada marketplace Tokopedia yang dipengaruhi oleh faktor harga dan ulasan produk. Metode kuantiatif dijadikan sebagai metode dasar pada penelitian ini. Untuk penelitian ini peneliti memakai dua variabel berkorelasi, yaitu variabel independent (harga dan ulasan produk) dan variabel dependent (keputusan pembelian konsumen). Peneliti menganalisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji-T dan uji-F. Purposive Sampling dijadikan sebagai teknik pengambilan sampel. Berdasarkan rumus Slovin, jumlah populasi 50 orang dan responden 33 orang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa harga dan ulasan produk berpengaruh secara parsial dan simultan siginifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Tokopedia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arbaini, P., Wahab, Z., & Widiyanti, M. (2020). Pengaruh Consumer Online Rating Dan Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Marketplace Tokopedia. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 7(1), 25–33. https://doi.org/10.26905/jbm.v7i1.3897

Astaginy, N., Sudarnice, & Kasmawati. (2023). The Influence of Service Quality and Price on Consumer Satisfaction at Top Swalayan Kolaka. Jurnal Manajemen, 2(1), 35–43. https://doi.org/10.55123/mamen.v2i1.1358

Collins, Jim. (2018). Good To Great. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Faradita, P. A., & Widjajanti, K. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia. Solusi, 21(2), 543–554. https://journals.usm.ac.id/index.php/solusi/article/view/6333

Firmansyah, M. A. (2020). Buku Komunikasi Pemasaran. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 6, Issue August).

Fitri, N. A. (2022). Dampak E-Commerce terhadap Strategi Pemasaran (Studi Kasus Pada Platform Shopee). PROCURATIO: Jurnal Manajemen & Bisnis, 1(2), 67-77.

https://goodstats.id/article/5-website-e-commerce-terpopuler-di-indonesia-2022-JJvgW

https://datanesia.id/10-wilayah-e-commerce-terbesar-di-indonesia/

Ichsan, M., & Jumhur, J. (2018). Pengaruh Consumer Online Rating and Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia Di Wilayah Dki Jakarta Effect of Consumer Online Rating and Review To Buying. E-Proceeding of Management, 5(2), 1828–1835.

Malau, Harman. 2017. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Penerbit Alfabeta

Mardiana, C. S., & Ekasari, N. (2022). Pengaruh Social Capital, Personal Branding Selebgram Dan Keterlibatan Konsumen Dengan Teknologi Terhadap Minat Beli. PROCURATIO: Jurnal Manajemen & Bisnis, 1(1), 1-11.

Martini, L. K. B., Sembiring, E., & Frandy, P. (2022). Customer Online Customer Rating Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Modeliafashion Pada Marketplace Tokopedia Jakarta. Journal of Applied Management and Accounting Science, 4(1), 15–24. https://doi.org/10.51713/jamas.v4i1.67

Najwah, J., & Chasanah, A. N. (2022). Pengaruh Viral Marketing , Online Consumer Reviews , Harga , dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia. BISECER (Business Economic Enterpreneurship), 5(2), 1–13.

Pramono, A., Eldine, A., & Muniroh, L. (2020). Pengaruh Harga, Ulasan, Dan Tampilan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 3(3), 421. https://doi.org/10.32832/manager.v3i3.3909

Purboyo, P., Hastutik, S., Kusuma, G. P. E., Sudirman, A., Sangadji, S. S., Wardhana, A., ... & Syamsuri, S. (2021). Perilaku Konsumen (Tinjauan Konseptual & Praktis) (No. rwy65). Center for Open Science.

Rahayu, S. (2021). Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Tokopedia. Mbia, 20(1), 40–50. https://doi.org/10.33557/mbia.v20i1.1271

Sakti, I. M., & Rofiaty. (2020). The Influence of Purchase Experience , Trust and Price Toward Customers Purchase Decision on Tokopedia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 8(2), 1–10.

Sangadji, E.M. (2013). Prilaku Konsumen. Yogyakarta. Penerbit: Andi.

Simanjuntak, M., Kato, I., Sudarnice, S., Butarbutar, M., Sherly, S., Purba, S., Parinduri, L., Purba, B., Purnomo, Y. J., & Ismail, M. (2021). Manajemen SDM. Yayasan Kita Menulis.

Sudarnice, S. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Minimarket Alfamidi Kolaka. Jurnal Dimensi, 9(2), 280–293. https://doi.org/10.33373/dms.v9i2.2541

Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Tokopedia.Com. Ágora, 5, 54086. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:151536654

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Syafitri, C. D., Rohana, A. F., & Sudrajat, A. (2022). Pengaruh Online Consumer Reviews terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Tokopedia (Studi Kasus pada Pengguna Tokopedia di Karawang). Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 7(2), 75–91.

Syahrir. (2023). Analysis of Service Quality At The Department of Population and Civil Registration In Bogor Regency. PROCURATIO: Jurnal Manajemen & Bisnis, 2(1), 26–38. https://doi.org/10.5281/ZENODO.8207030

Wardoyo, Rohani, E., & Kencanawati, M. S. (2023). Faktor Determinan terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Tokopedia pada Mahasiswa Universitas Gunadarma Karawaci. 3(2), 49–58.

Wati, N. K. S. D., Imbayani, I. G. A., & Prayoga, I. M. S. (2023). Pengaruh Iklan, Harga dan Online Customer Review Pada Marketplace Tokopedia Di Kota Denpasar. Jurnal Emas, 4(1), 161–172.

Published

2023-11-19

How to Cite

Dahliyanti, H. ., & Sudarnice. (2023). PENGARUH HARGA DAN ULASAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA DI KABUPATEN BEKASI. PROCURATIO: Jurnal Manajemen & Bisnis, 2(2), 65–75. https://doi.org/10.62394/projmb.v2i2.73